LOVE BEARS ALL THINGS. BELIEVES ALL THINGS. HOPES ALL THINGS. ENDURES ALL THINGS. (Corinthians)

Monday, October 31, 2011

Happy Halloween

Katanya tradisi ini di bawa oleh imigran Irlandia ke United State. Halloween berasal dari kata All Hallows' Even, yang artinya malam sebelum perayaan Hari Raya Orang Kudus. Juga dirayakan saat panen di akhir dimusim gugur, dimana mereka menyembelih hewan untuk bekall musim dingin. Mereka menyalakan api unggun untuk membakar tulang2 sambil mengenakan kostum dan topeng untuk berdamai dengan arwah jahat yang suka membawa penyakit dan merusak hasil panen.

Halloween dirayakan semua penduduk US, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, pusat perbelanjaan, restoran, TV, perkantoran, The White House, bahkan Gereja!. Aku sampe nanya ke pendeta; Should Christian celebrate Halloween?, and she replied: If we do not celebrate Halloween, the Devil wins!. Well, memang kostum hanya buat anak-anak sekolah minggu, sementara jemaat lainnya sambil merayakan dengan menyalakan lilin dan mendoakan para Orang2 Kudus, mantan pendeta dan pelayan Tuhan dan keluarga yang telah berpulang.

Sudah tahun ke-2 aku merayakan Halloween, selain dekorasi rumah, kita biasanya dandan gak heboh-heboh banget sambil menyambut anak-anak tetangga yang datang Trick or Treat. Meskipun selalu dan pasti kita sediakan permen, karena udah gak jaman mereka jahili. Dulu kata ST mereka memang suka iseng bawa telor dan dilemparin ke rumah yang pelit ngasih permen.

Anak-anak yang berkeliling dari rumah ke rumah, gak semuanya memakai kostum seram, banyak juga yang cantik-cantik dan lucu sesuai dengan karakter idaman mereka. Ada Alice Wonderland, Hello Kitty, sampe Justin Bieber

Selain kostum, dekorasi yang paling heboh deh! Dari benda-benda seram, Monster, Mumi, sampai Labu yang gede dan diukir menjadi Jack O-Lantern. Labu yang telah diukir, diisi lilin dan diletakkan di pintu rumah. Warna yang dominan Oranye dan Hitam, tak jarang juga Ungu dan Merah. Tahun ini aku membuat sepasang Jack O-Lantern lho!

Serem juga pas aku cek data 148 juta penduduk US membelanjakan uangnya untuk perayaan Halloween; kostum, dekorasi, permen dan kue. Tahun 2010 datanya total sampai $5,8 trilyun!!. Kalo tahun ini katanya lagi krisis, gak mungkin berkurang setengahnya yah?! Biaya segitu di Indonesia bisa membangun 40 juta unit perumahan baru atau menggaji sekitar 57 juta guru sekolah selama setahun! Untung di Indonesia gak ada Halloween.

2 comments:

  1. ha ha ha... untung di indonesia gak ada Halloween, kalo ada tiap tgaon blanja costume ama pernik2 buat anak2.. blm decor rumah bikin seserem mungkin..

    boleh pinjam tu stocking?

    ReplyDelete
  2. Beruntunglah, biar duitnya bisa buat pariwisata - jalan2 melihat negara tetangga, haha

    ReplyDelete