LOVE BEARS ALL THINGS. BELIEVES ALL THINGS. HOPES ALL THINGS. ENDURES ALL THINGS. (Corinthians)

Thursday, October 6, 2011

Aleurites Molucana



Beruntung sekali aku memiliki Suami yang suka dan bisa dikatakan jago masak. Sante berasal dari keluarga Italy totok. Pasta adalah makanan utamanya, berbagai macam dan bentuk memenuhi lemari makan kita. Dia membuat Saus Marinara dalam pot yang besar, dengan potongan pork atau beef, meatball ataupun deer dan disimpan dalam kontainer kecil yang cukup untuk 2 orang, kemudian dibekukan dan bisa untuk stock selama 6 bulan!. Sante juga suka membuat Chicken Soup dengan metode yang sama, dan aku merasa He made the best Chicken Soup that I ever ate!.
Belum lagi Iga panggang-nya dan setiap akhir pekan, hobinya bikin Steak, dari Ribeye, T-bone, Sirloin, Tenderloin, Pork Chop.

Dasar lidah melayu, teteuup aja yang dicari rasa Indonesia. Jadi mau nggak mau aku harus memasak makanan Indonesia atau Manado. Suatu kali akupun memasak untuk makan malam kami, Pepes Ikan Woku dari Fillet of Tilapia, ikan Mujair tanpa tulang dan kulit.
Meskipun kepedasan Sante menyukai dan memuji hasil masakanku. Sesaat sebelum tidur, tiba-tiba Sante mengeluh dadanya sesak, batuk, dan kesulitan bernapas. Dia yang rupanya kenal banget gejala seperti itu, adalah alergi!. Hampir saja kita call 911, tapi untung dia punya persediaan obat.

Selain Seafood - hard and soft shell, seperti udang dan kepiting, Sante alergi Tree Nuts kaya Almond, Cashew, Hazelnut Macademia, Pecan Pine, Pistachio dan Walnut. Aku mengurut semua bumbu yang dimasukkan dalam Pepes Ikan Woku, koq kayanya gak ada tree nuts, Wait,...Kemiri?, aku gak pernah liat pohonnya, bahkan gak tau bahasa Inggris-nya apa. Buruan aku Google, dan bener Candle Nut (Aleurites Molucana) adalah buah dari pohon Kemiri!. Oooppss, sorry, babe!

Dia bercanda: Now you know how to kill me!! haha


2 comments:

  1. Saya baru tahu kalau kemiri bisa bikin alergi, makase untuk infonya.
    Dan kemiri sangat pantang untuk penderita asam urat tinggi, sudah banyak bukti.
    Ada daging rusa?

    ReplyDelete
  2. Daging rusa masih banyak stock di kulkas. Mau dibikinin?. Soal kemiri termasuk keluarga kacang2an (meskipun dari pohon) dan kacang pantang sekali buat penderita asam urat. Ntar aku posting diet list dari penderita Gout, soalnya Sante mantan pasien =D

    ReplyDelete