LOVE BEARS ALL THINGS. BELIEVES ALL THINGS. HOPES ALL THINGS. ENDURES ALL THINGS. (Corinthians)

Tuesday, January 3, 2012

New Year, Old Resolutions!

Tahun baru kayanya semangat banget menjadikan momen buat up-date resolusi lama yang gak tercapai di tahun sebelumnya. Yah, gimana enggak, baru bulan Maret, semuanya kembali ke asal. Well, mungkin karena sebelumnya aku gak punya catatan yang mengingatkan, sementara karena faktor U, jadi lupa deh, kalo aku harus kurangi rokok bahkan quit sama sekali, halaagh....

Oke, sekarang aku punya blog, jadi sekalian bisa jadi catatan buat di review akhir tahun!
Sembilan dari sepuluh resolusi tahun ini masih "lagu-lama" dan kali ini aku akan lebih fokus ama body, mind and soul, lho kok kaya toko baju di Bali yah?!

1. Bernapas ~ hey, maksudnya disini menghirup udara dalam-dalam, yang dapat membantu membuat otak kita lebih relax. Simpel tapi kayanya kita sering lupa. Rumah kami penuh dengan asap rokok, belum lagi tertutup karena heater dinyalakan selama musim dingin dan AC di musim panas. Untungnya kami tinggal di suburb, jadi udaranya bersih. Tinggal keluar rumah, dan bernapas deh!. Cuman butuh 10 menit untuk bernapas yang bener, klik aja website  ini mengenai cara-caranya. Tahun lalu cuman 250X, Target tahun ini: 365X

2. Yoga ~ kalo ada waktu lebih banyak, aku akan combined bernapas jadi bagian dari meditasi Yoga. 15-30 menit ber-yoga ria tiap hari bikin body ku lebih fleksible, haha...itu kata suami lho, buat aku sih modal dancing on the table!. Dan katanya, Yoga dapat menghindari sakit belakang, arthritis, stroke sampe breast cancer. Target: 300X (diskon deh 60 hari, kali aja sakit, pms atau keluar kota)

3. 107 pound! ~ atau sama dengan 48 kilogram harus menjadi maksimum berat badan ku (setelah dikurangi dengan tinggi badan)! Sebenarnya aku gak pernah persoalkan sama gain-loss weight karena aku cukup stabil koq selama 20 tahun terakhir ini. Sebelnya naik dikit, jatuhnya ke perut ama pipi bok, jadi kalo foto setengah badan, kelihatannya bb-nya udah yang 60kg!. Tapi emang harus di waspadai, sindrom orang baru menikah yang cenderung berubah di bb-nya, haha!

4. Nasi satu kali sehari ~ Pola makan kami berdua cenderung sehat. Karena latar belakang keluarga kami ada penyakit darah tinggi, diabetes, jantung, dan kolesterol. Jadi kami menjaga sekali, dengan menggunakan lebih banyak olive oil dan vegetable oil, juga mengurangi konsumsi karbohidrat. Dulunya, aku bisa 3X sehari makan nasi!. Garam dan gula jarang sekali kami pakai. Variasi sarapan dari Cereal, Yogurt, Cappuccino dan Energy Bar atau Muffin, bahkan suamiku hanya bermodalkan Multi Vitamin tiap pagi. Makan siang suamiku bekal Sandwich dari rumah, dan aku biasanya nasi dan lauk pauk ala indo atau beberapa bulan sekali embat Indomie. Malamnya, salad is a must ditemani pasta, Sweet Potatoes, Chicken, Beef, atau Pork. Aku punya 7 rasa dari salad dressing yang light dan low fat, jadi tiap hari bisa beda rasa.

5. Minum ~ 8 gelas air putih, Green Tea dan Red Wine sekali sehari. Susu, Cappuccino sekali-kali dan Cocktail buat special occasion. Yang paling susah tuh target angka 8 gelas, apalagi kalo lagi winter, dan lagi keluar rumah, pusing nyari toilet!. Green Tea, terbukti memperlancar BAB, kalau abis makan steak, kelihatan lho fat-nya ikutan keluar kalo pas pee!. Sementara satu gelas Red Wine tiap malam, bisa memperkuat jantung, ini advokasi dari Klub Jantung Sehat!. Target: 365X

6. Berdoa ~ Selain ke gereja dan doa rutin tiap hari - makan, tidur, pergi - dan hari doa khusus saat aku volunteer di gereja, pengen deh bisa meluangkan waktu 30 menit aja untuk berdoa syafaat, yang bisa tukar tambah list-nya: untuk suami, boss-nya, his colleague, adik-adik & keluarganya, Mom, Tante-Om, sahabat-sahabatku, orang yang sakit, yatim piatu, janda-duda yang aku kenal dan menyebutkan satu-satu namanya. Target: 365X

7. Positive Thinking ~ Aku sebenarnya orang yang sangat positif, gak pernah berburuk sangka, kalo sesuatu buruk emang harus terjadi, aku cepat mencari hikmahnya. So, ngapain dimasukin list yah?, buat dipertahankan ajah! Haha..

8. Asli - Ini hal yang baru yang aku ingin capai buat tahun ini. Gak ada tuh namanya rambut palsu, baik wig atau implant, biarin deh area rontoknya diakalin aja. No Gigi palsu!, Puji Tuhan, karena rajin ke dentist dan merawat, gigiku kuat, walaupun bentuknya emang pengen didandanin!. Tas palsu?, aih masa lalu banget deh, saat gak mampu beli ori, teteup gaya dengan KW1. Karena pernah merasa kena tipu, aku jadi kapok tuh. Mending gak gaya daripada nenteng yang fake dan dapet label Made in China!. Say No to alis, bulu mata ataupun boobs yang di implant!. Soalnya keinginan ini kayanya lumayan menganggu hari-hari belakangan. Mungkin kebanyakan ngelirik majalah playboy kali, jadi pengen punya ukuran 36B. Haha! Intinya, bersyukur dan nikmati apa yang kita miliki, yang Tuhan sudah berikan!

9. Learn Something New ~ Ini sudah menjadi hobi-ku, dan aku gak ragu kalo ini menjadi target harianku. Kelihatannya agak mudah, karena emang aku orang "baru" disini. Kata "learn" disini bukan cuman asal tau aja, tapi bener-bener "mencermati dan mempelajari". Semoga akan banyak kesempatan itu!

10. Quit Smoking ~ Bukan saja kurangi yang buat aku gampang-gampang susah, tapi totally!. Semoga!

So, next step, aku udah buat calendar chart, tinggal di contengin tiap hari, dan jam digital buat itungan. We'll see by the end of 2012!

No comments:

Post a Comment