LOVE BEARS ALL THINGS. BELIEVES ALL THINGS. HOPES ALL THINGS. ENDURES ALL THINGS. (Corinthians)

Sunday, February 5, 2012

Super Bowl

Hari minggu pertama di bulan Februari, jutaan warga Amerika semua tertuju pada  event Super Bowl, pertandingan akbar Sepak bola Amerika. Buat aku sih seru-seru aja, ikutan histeria masal, seperti halnya sepak bola (soccer) yang aku kenal sebelumnya. Kalo ada pemain yang cakep dan hebat, itu aja yang dijagokan, haha, perempuan!!

American football atau sepak bola yang hanya dikenal di benua Amerika Serikat dan Kanada. Olahraga yang pemain setiap tim terdiri dari 11 pemain yang berbadan gede. Lucu juga, bola biasanya yah bundar, tapi ini bentuknya oval dan warnya coklat. Suamiku sempat memberikan kursus kilat, lengkap dengan gambar lapangan dari ujung endzone dan garis yang nunjukin jarak dalam yard ang merupakan daerah gawang lawan. Tim yang menyerang mendapat 1 set kesempatan yang terdiri dari 4 kali down untuk membawa bola sejauh 10 yard ke bidang endzone lawan. Aku sempat protes, lho namanya kok sepak bola, tapi bola dibawa dengan tangan sambil berlari atau dioper kepada rekan satu tim, sampai gerak maju tim yang menyerang berhasil dihentikan tim bertahan. Skor dicetak dengan cara membawa atau meletakkan bola di luar garis gawang pada sisi endzone lawan. Ternyata tendangan kaki dipake hanya saat menendang bola hingga melewati gawang lawan. Tim pencetak skor terbanyak setelah selesainya 4 babak permainan dinyatakan sebagai pemenang. Waktu bermain dihitung secara teliti detik demi detik, dan peraturan bermain diawasi ketat karena melibatkan benturan fisik antar pemain.

Super Bowl pertama kali dipertandingkan 15 Januari 1967. Pada awalnya, pertandingan dilakukan setahun sekali di hari Minggu sesudah babak playoff sekitar awal hingga pertengahan Januari, tapi digeser ke akhir Januari, dan sekarang diadakan di minggu pertama di bulan Februari.
Super Bowl 2012 yang XLVI (mereka suka aja pake angka romawi), kali ini dipertandingan di Indianapolis dan tim yang masuk final GIANT (New York) vs Patriots (New England). SB Katanya salah satu tayangan televisi yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat. Makanya para pemasang iklan menghabiskan jutaan dolar AS untuk membuat iklan baru, belum lagi promo film atau acara TV baru. Bagi mereka yang beruntung dan ngotot bisa nonton langsung di stadium, biarpun dingin kayanya fans gak peduli deh!  
Buat yang tidak suka football, mereka masih bisa menikmati tayangan hiburan sewaktu istirahat (halftime). Tahun ini Madonna bakal tampil heboh!
Katanya, jumlah makanan yang dikonsumsi orang Amerika pada saat nonton pertandingan Super Bowl menempati urutan terbesar kedua setelah Thankgiving! 
Coba liat angka yang aku dapat: 173 juta orang bakal nonton, dan setiap orang bakal ngeluarin duit sekitar $64. Total $11 triliun buat belanja atribut dan kostum sampai dengan TV baru dan tentu saja buat belanja food and beverage!!






So, aku juga ikutan dong, siapin Hors d'oeuvres yang simple: Chicken Wings,  Anise & Celery & Chips with Ranch Dip, dan belajar bikin Taco & Guacamole, and of course with Baileys!
Happy Super Bowl Sunday!


No comments:

Post a Comment