LOVE BEARS ALL THINGS. BELIEVES ALL THINGS. HOPES ALL THINGS. ENDURES ALL THINGS. (Corinthians)

Thursday, December 1, 2011

Thanksgiving Day

Thanksgiving Day atau Hari Pengucapan Syukur adalah ungkapan rasa syukur dari akhir musim panen dengan mengadakan pesta makan malam, yang pertama kali dirayakan pada tahun 1621. Gak beda jauh dengan hari Pengucapan di Manado, kota kelahiranku.
Sejarahnya sih, Wampanoag tribe, komunitas dari penduduk asli Amerika yang membantu Pilgrims (koloni Inggris) di perkebunan Plymouth yang selamat di tahun pertama mereka berada di New World (USA). Sekaligus bersuka cita karena hasil panen mereka berhasil.
Tradisi Thanksgiving yang jatuh pada setiap hari Kamis di minggu ke empat bulan November, dirayakan oleh seluruh keluarga Amerika, meskipun profesi mereka bukanlah farmer.  Keesokan harinya Black Friday, hari kesepakatan semua toko untuk memberikan diskon besar-besaran, hmmm, sangat menggiurkan dari makanan Thanksgiving, yang hampir setiap warga US menyajikan menu yang sama setiap tahunnya: Kalkun, Stuffing, Pumpkin and Pecan Pie!
Tapi koq, aku jadi penasaran, kenapa sih harus makan Sweet potatoes bukannya French fries, kayanya lebih enak Strawberry Cake daripada Pumpkin Pie, atau Cranberry sauce diganti dengan Cherry marmalade?
Tradisi penyajian menu makan malam yang sama ternyata semua itu ada alasan dan sejarahnya:
TURKEY 
Saat pertama kali Kalkun ditemukan di Amerika, orang Eropa salah mengenalinya sebagai burung asal Afrika yang dikenal sebagai "ayam turki", karena memang diimpor dari Eropa Tengah melalui Turki . Ayam Kalkun inilah yang disajikan di meja makan saat pertama kali Pilgrims merayakan Thanksgiving.
stuffingDRESSING/STUFFING Yang terdiri dari roti, bawang, seledri dan beberapa herbs dan biasanya dimasukin dalam perut Kalkun dan dimasak berbarengan. Stuffing dikenal sejak jaman Romawi dan pada jaman Victorian memutuskan untuk mengganti menjadi "Dressing". Jaman sekarang, "stuffing" biasanya yang ada didalam perut Kalkun dan "dressing" roti, sayuran dan campuran bumbu yang disajikan terpisah. Resepnya bervariasi, orang yang berlatar belakang Italian menambahkan sosis, sementara yang berasal dari Jerman menggunakan Apel atau Cherry kering.
cranberry sauceCRANBERRY SAUCE  Waktu koloni Inggris tiba di tanah Amerika, mereka menamakan "bright berry" jadi "craneberry," karena  bunga yang terangkai dari cabang2nya. Mereka juga memahami akan khasiat berry untuk kesehatan. Cuman kayanya kalo buahnya segar dan dimasak, tapi kalo dari kaleng, koq aku meragukannya :D


SAYURAN Rasanya hanya jenis ini yang bisa dimodifikasi, dari Green Beans, Asparagus, Brussel Sprout (ini jadi trade mark mama mertuaku). Meskipun pada tahun 1955 Green Beans Creamy Sauce menjadi populer sebagai teman makan Kalkun. 
sweet potatoesSWEET POTATOES Konon Columbus yang membawa akar oranye (Ubi Jalar) ini dari St. Thomas, Pulau Karibia. Warga Virginia menanamnya pada tahun 1648 (saat itu Kentang belum muncul sampai seratus tahun berikutnya). Namun saat ini, Mash Potatoes dan Gravy-nya buatan Adik ipar turut menjadi pilihan di meja makan kami.

jelloGREEN JELL-O SALAD Gelatin atau Agar-agar ditemukan akhir tahun 1800s oleh Charles Briggs Knox. Setelah dia wafat, istrinya melanjutkan usaha ini serta menjadi pengusaha wanita yang sukses di New York. Campuran agar-agar ini menjadi food fashion di tahun 1930s, dan disebut "salads" karena rasa buah-buahan dan kacang kenyalnya si jelly. Tapi di keluarga suamiku, Mom menyajikan salad dari sayur-sayuran hijau, bukannya si Jell-O.
pumpkin pie
Pumpkin PIE Kayanya Pilgrims mungkin tidak membuat Pumpkin Pie saat itu, karena tidak ada Oven. Pada tahun 1670, mereka mulai menyajikan Pumpkin pie yang dibakar di tungku. Resep awalnya yaitu pumpkin, lemon, susu dan madu.



Pecan PiePECAN PIE Pohon Pecan  berasal dari Texas dan Mexico. Penduduk asli Amerika sangat menyukai kacang berkulit keras ini. Mereka meramu dengan corn syrup, telur dan vanilla dan populer sebagai dessert jaman itu. Suamiku dan adiknya alergi dengan Pecan, tapi Mom tetap menyajikan dan membuat Apple Pie dan Blueberry Pie untuk mereka berdua.


H'Oderves atau Appetizer terdiri dari potongan keju berbagai rasa, Salsa, Chips dan my fave one Kielbasa (Polish Sausage), dan tentunya Champagne dan Wine.
Makanan utama terhidang, sambil mengitari meja makan dan berpegangan tangan, kami berdoa dan mengucap syukur akan semua berkat dalam kehidupan ini. Kalau tahun lalu, Mom mendapatkan anggota keluarga baru, tahun ini juga kami ketambahan keluarga baru dari pernikahan adiknya Sante. Sambil bergurau, mereka bilang moga2 tahun depan hadir anggota baru lagi dari aku dan Sante. Amin! 
Happy Thanksgiving! 

No comments:

Post a Comment