LOVE BEARS ALL THINGS. BELIEVES ALL THINGS. HOPES ALL THINGS. ENDURES ALL THINGS. (Corinthians)

Thursday, December 15, 2011

Apalah Arti Sebuah Nama?

Almarhum orang tuaku memberikan nama: Henriete Agnes. Spelling nya bukan Henrietta, nama yang asalnya dari Inggris untuk versi nama perempuan dari Henry. Agnes adalah nama perempuan dari Greek yang punya arti suci. Wuaah keberatan bok, referensi nya dari Eropa lagi, karena emang jaman dulu, pengaruh Eropa di kota kelahiranku sangat kental.

Sewaktu aku bayi 'nanny' kami adalah orang Batak yang suka lagu Butet dan kebetulan ngetop jaman itu, dia sering menyanyikan lagu ini saat menina-bobokan aku, yang kemudian Butet pun jadi nama panggilan bayiku. Saat aku gedean dikit, mereka memanggilku Tet..Tet.., Mamaku pernah berkata jujur, dia aja gak suka. Ketika aku mulai bisa menulis, aku pun memproklamirkan namaku Tetty, gak suka ama Butet apalagi Tet..Tet, yang suka diledekin teman-teman masa kecilku seperti klakson mobil. Belum lagi marga papaku Schoe yang dibaca Sku - kadang jadi bahan ledekan karena heboh Film Seri Scooby-doo, si anjing pintar bicara! Hadeuh.

Jaman SD dan SMP, sering guru-guruku memanggilku dengan Henrit atau enggak Henri, koq jadi mirip sama nama teman sekelas yang laki-laki?. Belum lagi kalo orang lain menulis, bisa ada huruf 'd' di tengah-tengah atau enggak 'i' jadi 'y'. Nama H.A hanya tercantum di Akte Kelahiran dan Ijazah. Ketika aku layak untuk membuat KTP diusia 17 tahun, akupun minta mencantumkan nama Tetty di depan namaku. Tak jadi masalah tuh, Ini kan di Indonesia!
Akhirnya aku pakai terus untuk kartu nama, SIM Kartu Kredit sampai dengan paspor!. Mungkin waktu itu aku berpikir seperti ungkapan terkenal: Apalah Arti Sebuah Nama?

Dengan menyandang nama Tetty, aku sering di sangka orang Sunda atau Batak!. Jadi akupun harus menjelaskan asal muasal nama itu!.
Di US, ketika aku memperkenalkan namaku, agak susah di pronounce buat lidah mereka, kadang menjadi Taty, Titi or Kathy, lhoo, jauuh banget! Jadi aku selalu refer ke Teddy Bear atau Teddy Roosevelt...lumayan deket lah Teddy-Tetty!

Tapi lucu juga kalo search nama Tetty: 1) sebuah Nursery & Presschool berbasis Bahasa Inggris di Csezh, Prague. 2) Fashion and Beauty Photographer di Ulm Germany. 3) Dan jangan coba-coba klik yang ini, sebuah website untuk "orang dewasa" !. 

Waktu pembuatan dokumen di USA, semua mengacu pada paspor sebagai identitas utamaku. Tapi ada satu dokumen dalam pembuatannya, mereka mempertanyakan koq beda nama di paspor dan akte kelahiran?, dan akhirnya mereka mengikuti yang sah, yaitu nama di Akte.  Aku keukeh pake nama Tetty, dan aku harus melalui proses "hukum" disini untuk penambahan atau penggantian nama. Mengambil dan mengisi 10 lembar formulir dari Court plus 1 paragraf alasan kenapa ingin nama diubah, memasang iklan di koran (apabila ada yang protes), menunggu hingga 3 bulan untuk disetujui dan biaya yang keluar $500!

Hmmkayanya kualat nih, seakan aku tidak menghargai nama pemberian orangtuaku. Cuman udah telat banget kalo aku pakai nick name Henny atau my middle name Agnes!. Untuk menambah nama belakang suamiku aja, Aku bilang ntar dulu ah, kalo prosesnya ribet gini!

I just wonder apakah Ainurrohimah a.k.a Inul Dara Tista atau Yulia Rahmawati alias Julia Perez-JuPe menempuh proses yang seperti aku?, eh itu kan di Indonesia!.

Di rumah aku aman, karena namaku pun sudah berganti menjadi Babe atau Honey. Suamiku gak pernah memanggil dengan namaku!.


No comments:

Post a Comment